SAMAN
Karya: Ayu Utami

Sinopsis

Laila adalah seorang gadis yang cantik, lugu, dan ramah. Ia mendapat dua kesempatan sekaligus, yang pertama berhubungan dengan pembuatan profil perusahaan tekstil Indonesia. Sedangkan yang kedua, ia menjadi fotografer yang akan menulis buku tentang penyebaran minyak di Asia Pasifik atas nama Petrolium Extension Servis. Kesempatan ini sangat mewarnai kehidupan Laila, karena perjalanan Laila berlanjut, yang berawal di tempat itu Laila bertemu dengan seorang laki-laki yang menjadi idamannya. Laki-laki itu bernama Sihar. Suatu hari di pabrik pertambangan itu, Sihar bertengkar dengan salah satu pimpinannya, karena salah satu teman Sihar meninggal di tempat pertambangan itu dan kejadian itu disebabkan oleh kesalahan Rosana yang yang merupakan salah satu pemimpin perusahaan itu sangat dibenci oleh Sihar. Kejadian itu justru membuat Laila menjadi dekat dengan Sihar. Kasus kematian temannya itu diadukan Sihar ke pengadilan dan berkat bantuan Laila yang meminta tolong pada Yasmin, temannya. Akhirnya kasusu itu pun bisa dimenangkan. Kedekatan Sihar membuat Laila senang hingga mereka menjalin hubungan layaknya pasangan seorang kekasih. Dari situlah diketahui bahwa ternyata Sihar sudah mempunyai istri yang bernama Upik ynag memiliki fisik tidak sempurna hingga Sihar sempat merasa menyesal telah menikah. Namun cinta Laila tidak pernah surut. Mereka sering bertemu dan berkencan terutama di kantor. Hingga Laila juga sempat meminta pertolongan seorang yang pernah dicintai Laila yaitu Wisanggeni.

Setelah beberapa waktu menghilang Wisanggeni berubah namanya menjadi Saman yang tidak lain adalah sorang Pastur gereja. Dulu sebelum mengenal Sihar, Saman adalah kekasih Laila. Sehingga Karena Saman adalah orang yang dicintai Laila hingga mereka sempat menjalin hubungan layaknya seorang kekasih. Tetapi semua itu hanya tinggal kenangan masa lalu. Karena Saman telah meninggalkan Laila. Hingga baru ketemu setelah beberapa waktu. Bahkan kejadian itu sempat membuat Laila sedih. Tetapi sekarang kesedihan itu sudah terpendam semenjak Laila mengenal Sihar.

Namun semenjak kemenangan kasus ini, Sihar tidak lagi menghubungi Laila. Bahkan setiap mereka berkencan selalu gagal, apalagi setelah istri Sihar sering mendapat telepon dari orang yang tidak dikenal ia selalu mematikan teleponnya. Hubungan mereka pun semakin kacau dan hambar tanpa sebuah pertemuan. Hal yang paling berat adalah ketika Laila mendengar bahwa Sihar akan pergi ke Amerika. Akhirnya mereka pun bersepakat bertemu di Central Park, New York. Demi Sihar, laki-laki yang dicintainya, di sana Laila akan bertempat tinggal di rumah temannya yang bernama Shokuntala. Sedangkan Sihar tinggal bersama istrinya. Hal itulah yang membuat penantiannya sia-sia.

Meskipun Laila telah melibatkan teman-temannya untuk dimintai bantuan demi akan bertemu dengan Sihar kekasih hatinya itu namun semua itu hanya sia-sia. Karena Sihar merupakan laki-laki idaman Laila itu ternyata lebih memilih anak dan istrinya atau keluarganya daripada Laila perempuan yang sesungguhnya juga dicintainya. Setelah itu mereka tidak lagi pernah bertemu. Sedangkan Saman orang yang dulu pernah menjadi kekasih Laila sekarang dia justru menyayangi Yasmin yang juga merupakan sahabat Laila. Saman dan Yasmin memang saling mencintai tetapi mereka sayangnya juga tidak dapat bersatu. Karena Saman adalah seorang Pastur yang tidak akan pernah menikah. Sehingga apa yang dirasakan Saman hampir mirip dengan yang dirasakan Laila. Karena kisah cinta mereka berdua berada dalam penantian yang sia-sia dan tidak akan pernah bisa saling memiliki.